Home » » CARA GRATIS MENGATASI AYAM YANG SUKA MENYENDIRI alias MOJOK

CARA GRATIS MENGATASI AYAM YANG SUKA MENYENDIRI alias MOJOK

Ehmmm....bukan hanya orang lho yang suka mojok [+18] huuzz,,,,,,,,,,,,hehehehhe 
 Suatu kali ada pembaca blog ini yang menanyakan pada saya, mengapa ayam-ayamnya yang masih muda kok senang mojok menyendiri dengan bulu kusam dan nafsu makannya hilang.  Ayam-ayam saya dulu juga pernah mengalami hal tersebut.  Menurut pengamatan saya, tingkah ayam yang demikian bisa disebabkab beberapa hal :

1.  ayam sakit sehingga nafsu makan tidak ada
2.  ayam tidak cocok pakannya atau "dimusuhi" oleh ayam yang lain.
3. Atau kandang terlalu padat sehingga ayam berebutan makan. Bahkan kondisi kandang yang kotorannya menumpuk bisa memicu penyakit ayam.
Tetapi kemungkinan kedua dan ketiga relatif jarang terjadi justru penyebabnya lebih sering adalah poin 1.

Ya, biasanya penyebabnya adalah ayam menderita sakit kemudian nafsu makannya hilang. Pada saat kita memberi makan, sementara ayam-ayam yang lain makan dengan lahap, ayam yang sakit tsb malah mojok dan menyendiri di sudut kandang. Perhatikan wajah dan bulunya, jika wajah pucat dan warna wajahnya merah pucat dan tampak loyo alias mata sering dipejam, kemungkinan besar ayam kita terkena penyakit. Jika bulu kusam, tidak tampak bersih dan cemerlang, ayam anda kemungkinan besar terkena penyakit. Lihat juga kotorannya, jika kotorannya cair berwarna putih atau hijau alias warna dan bentuknya tidak seperti kotoran ayam biasanya, bisa jadi ayam anda sakit. Intinya, ya seperti kita manusia lah, orang sakit kan salah satu akibatnya gak nafsu makan.

Terus bagaimana langkah mengatasinya? Jangan kuatir, berdasarkan pengalaman saya bisa diobati. Begini langkahnya :

1. pisahkan dulu ayam yang sakit tersebut dalam kandang tersendiri. Jika masih kecil berilah lampu penghangat.
2. beri makan khusus pakan pabrik, misal BR1 atau BR2. Jangan dicampur dedak dan jagung.
3. beri obat cacing supaya nafsu makan meningkat.
4. buat ramuan khusus untuk mengusir kuman atau bakteri, caranya bisa dilihat di artikel-artikel saya. Atau irislah daun pepaya, direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam yang sakit. Irisannya bisa dicampurkan ke pakan. Atau rebusan temu-temuan, yang paling manjur yaitu temu ireng, temu lawak, kencur, kunyit, rebus dahulu kemudian air rebusan dicampur ke minuman.
5. jika sakitnya parah, belilah obat ayam yang ada di toko pakan ternak.

Insy@ ALLAH dalam beberapa hari, ayam kita sudah sembuh. Yang perlu diingat, supaya mengurangi ayam yang sakit, sebaiknya pemberian pakan dicampur dengan rebusan tanaman-tanaman diatas, selain untuk mencegah penyakit juga menambah vitamin. Selain itu pakan yang cukup protein, karbohidrat dan unsur atau nutrisi yang lain Besihkan kandang secara teratur sehingga kotoran tidak menumpuk. Kotoran yang menumpuk akan mengundang penyakit, selain itu gas amonia yang beracun dapat mengganggu kesehatan ayam.

Mudah bukan? dan gratis lagi...hehe...Semoga bermanfaat. Salam.
By:Asgindo Farm with Aba Nauval
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Aba Nauval

0 Komentar:

Poskan Komentar

Recent comment

 
ASGINDO FARM | Boe-Doet 98 Template | Aba Nauval Template
Copyright © 2012. BERTERNAK AYAM KAMPUNG - All Rights Reserved
Template Modify by
Proudly powered by Blogger