Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Kategori Blog : Welcome │ Daftar isi» Tips Entertainment │ Dunia Blog │ Dunia Komputer │ Software
Home » » JENIS RAMUAN UNTUK AYAM KAMPUNG

JENIS RAMUAN UNTUK AYAM KAMPUNG




R amuan obat tradisional dari bahan alami tumbuh-tumbuhan   telah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita  untuk menjaga stamina dan mengobati beberapa jenis penyakit. Ramuan tradisional tersebut sering dikenal dengan istilah jamu. Saat kini jamu tidak hanya digunakan untuk manusia saja, tetapi pemberian jamu  sudah mulai dikenal di kalangan peternak unggas. Mereka memanfaatkan beberapa tanaman obat sebagai obat tradisional untuk ternaknya sebagai pengganti obat-obatan buatan pabrik yang dirasa cukup mahal terutama bagi peternak skala menengah ke bawah.

Semenjak krisis moniter sampai masa kini harga obat-obatan buatan pabrik dirasakan peternak cukup mahal. Disisi lain pengurangan dosis atau tanpa pemberian obat, vitamin maupun vaksin dalam pemeliharaan ayam KAMPUNG/BROILER akan menimbulkan suatu masalah yang cukup serius  yaitu terjadi penurunan kesehatan atau bahkan terjadi peningkatan angka kematian. Hal ini akan mengakibatkan terjadi penurunan produksi sehingga  tidak tercapai standart produksi  yang diinginkan. Disamping harga obat cukup mahal, pemberian obat-obatan, antibiotic, hormon maupun vitamin yang berlebihan pada ayam broiler/kampung dikhawatirkan akan berpengaruh pula terhadap penurunan kualitas dagingnya, sehingga apabila dikonsumsi oleh manusia secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dikhawatirkan akan membahayakan bagi kesehatannya.


Kelebihan dan penggunaan obat-obatan yang terus menerus dalam tubuh dapat merupakan residu dan sedikit demi sedikit akan tertimbun dalam tubuh manusia yang akhirnya dapat mengganggu kesehatan manusia. Dari kedua alasan tersebut  peternak berupaya untuk mencari alternative lain sebagai pengganti obat buatan pabrik yaitu  dengan memanfaatkan beberapa tanaman obat  untuk diberikan kepada ternaknya.  Ramuan jamu untuk ternak ini dapat dibuat sendiri dengan harga yang relatif murah. Cara dan aturan pemberiannya dapat dalam bentuk larutan yang dicampur dalam air minum atau dalam bentuk simplisia (tepung) yang dicampur kedalam ransum sebagai “feed additive” maupun “feed supplement”.

Tujuan pemberian Feed additive dalam ransum adalah untuk memperbaiki konsumsi, daya cerna serta daya tahan tubuh serta mengurangi tingkat stres pada ayam broiler/kampung. Feed additive yang ditambahkan pada umumnya menggunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik sebagai feed additive menghasilkan residu dalam karkas ayam kampung/ broiler. Apabila daging ayam dikonsumsi oleh manusia maka dikawatirkan akan menjadi resistensi terhadap antibiotik tersebut. Hal ini berbeda dengan sifat jamu, dimana jamu untuk ternak ini berkhasiat sebagai feed additive dan bukan merupakan antibiotik, sehingga tidak berbahaya bagi manusia, bahkan terbukti dapat meningkatkan konsumsi dan nafsu makan ayamkampung/ broiler.

Tanaman  obat dan fungsinya

Indonesia terkenal sebagai negara  biodeversitas yang kaya akan flora dan faunanya. Beberapa ribu jenis  tanaman obat  ada di Indonesia. Tanaman obat asli Indonesia sangatlah potensi untuk digunakan sebagai bahan pakan tambahan (“feed suplement”) maupun sebagai “feed additive” yang dicampur dalam air minumnya.  Beberapa ahli mengatakan bahwa dengan pemberian beberapa tanaman obat seperti kunyit, bawang putih dan daun pepaya  yang dicampur dengan air minum unggas, dapat terhindar dari penyakit flu burung.  Disamping itu beberapa  jenis tanaman obat lain berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan seperti  temu lawak, lengkuas, jahe, kencur  dan lidah buaya. Sedangkan  pemberian tepung daun kumis kucing yang dicampurkan dalam ransumnya  dikenal dapat  memperlancar proses metabolisme  dalam tubuh ayam sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan daya tahan tubuh ayam kampung/ broiler.

 Ada beberapa tanaman obat yang berkhasiat untuk obat ternak ayam, diantaranya:

    Kunyit (Curcuma domestica), yang dikenal sebagai anti oksidan, anti mikroba dan anti radang. Kunyit mengandung minyak atsiri dari golongan monoterpen dan sesquitterpen, zat warna kuning yang disebut kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C.
    Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dapat meningkatkan nafsu makan, anti oksidan, anti mikroba, anti kolesterol dan anemia. Zat gizi yang terkandung dalam temu lawak adalah kurkumin, kurkuminoid, mineral, atsiri, minyak lemak, karbohidrat dan protein. Temulawak dan kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman guna mencegah peningkatan konsentrasi sitokin dalam tubuh akibat inveksi virus AI dengan sub tipe H5N1. Itu efektif, mengingat kandungan curcuma yang ada pada keduanya berpotensi sebagai inhibitor terhadap sintesis sitokin
    Temu giring (Curcuma heyneana), biasanya digunakan untuk obat cacing
    Temuireng (Curcuma aeruginosarhizome) adalah bermanfaat sebagai obat cacing dan meningkatkan nafsu makan. Dalam temuireng banyak mengandung minyak asiri, tanin dan kurkumenol.
    Buah mengkudu (Morinda citrifolia) yang merupakan obat anti radang, anti alergi dan mematikan bakteri penyebab infeksi. Dalam buah mengkudu ini mengandung zat terpenoid, zat anti bacteri dan scolopetin.
    Tanaman lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan emodin dan scutellaria yang berfungsi sebagai antiviral. Bahan itu mampu menghancurkan enzim yang terdapat pada virus flu burung
    Daun pepaya (Carica papaya, Linn). Daun pepaya ini  berkhasiat  sebagai obat pembunuh amuba dan sebagai obat cacing serta membantu  meningkatkan nafsu makan.
    Cacing (lumbricus rubellus) merupakan sumber protein sangat tinggi yaitu 76%. Manfaat dari cacing tersebut adalah adanya antibakteri dan menghambat pertumbuhan bacteri E. Colk, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, sebagai obat dll.

Cara membuat jamu untuk ayam

Banyak macam cara membuat jamu, karena pada dasarnya membuat jamu jauh lebih mudah dibandingkan dengan membeli obat dari toko. Jamu hewan atau ramuan beberapa tanaman obat tersebut dapat dibuat sendiri oleh petani ternak dan harganya lebih murah dibandingkan obat pabrik, tetapi khasiatnya cukup baik untuk pencegahan maupun pengobatan pada ternak unggas. Beberapa diantaranya adalah ramuan jamu hasil pengkajian BPTP Jakarta  yang berfungsi untuk pencegahan terhadap penyakit AI (flu burung/Avian Influenza).


Bahan-bahan tanaman obat yang diramu sebagai jamu untuk pencegahan penyakit flu burung  adalah sbb:
 Kencur (500 gram), bawang putih (500 gram), jahe (250 gram), lengkuas (250 gram), kunyit (250 gram), temulawak (250 gram), daun sirih (125 gram), kayu manis (125 gram), daun mahkota dewa, EM4 dan molasses atau gula pasir. Bahan-bahan tersebut dipotong-potong kecil kemudian digiling/dibelender dan ditambahkan air 5 liter, kemudian disaring dan diambil ekstraknya. Ekstrak tersebut dimasukkan dalam drum besar (kapasitas 20 liter atau lebih). Tambahkan molases 500 cc, lalu tambahkan lagi dengan air sehingga campuran tersebut menjadi 20 liter, kemudian drum ditutup rapat. Selanjutnya campuran dilakukan fermentasi selama 6 hari. Setiap hari tutup drum dibuka selama 5 menit sambil diaduk. Setelah 6 hari jamu siap diberikan pada ayam. Cara pemberiannya melalui air minum dengan dosis 90 ml air jamu per 1 liter air minum setiap hari.


Ketua Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia mengatakan bahwa  di Indonesia sendiri saat ini tersedia cukup banyak bahan herbal yang bisa digunakan untuk menangkal menyebarnya virus flu burung. Tanaman obat tersebut adalah lidah buaya, temulawak, dan kunyit. Sedangkan menurut peneliti dari LIPI mengatakan bahwa pemberian secara rutin jamu ternak yang terdiri atas kunyit, lengkuas, temulawak, kencur dan buah mengkudu yang diberikan pada unggas dapat berfungsi sebagai stamina yaitu untuk menyehatkan dan meningkatkan nafsu makan.

Khasiat tanaman obat juga telah dibuktikan keistimewaan tanaman obat yang  mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, sebagai obat pada berbagai macam penyakit dan mengurangi stress pada ayam.  Dalam uji coba saya membuat jamu dengan ramuan dari tanaman-tanaman obat  yang terdiri dari kunyit  (1000 gram), temuireng (1000 gram), temulawak (1000 gram), temu giring (250 gram), mengkudu (500 gram), daun pepaya (5 tangkai) dan cacing (100 gram). 

 Cara membuatnya adalah sbb:

 cacing direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kunyit, temuireng, temugiring, temulawak dan mengkudu diparut menjadi satu, dan daun pepaya ditumbuk sampai halus. Campurkan bahan-bahan tersebut  dan  tambah 4 liter air bersih. Remas-remaslah semua bahan tersebut dan saring. Terakhir tambah dengan 1 liter  rebusan cacing dan aduk sampai rata. Selanjutnya campuran tersebut direbus sampai mendidih  dan setelah dingin dapat digunakan sebagai jamu pada ayam pedaging. Jamu tersebut dapat diberikan dengan cara mencampur ke air minum. Dalam pelaksanaannya pemberian jamu dilakukan setelah ayam berumur 16 hari sampai panen.  Pemberian dilakukan tiga hari berturut-turut selanjutnya diselang dengan air putih.

Manfaat dan Hasil

Dari  hasil penelitian saya  maupun pendapat orang 2 yang sudah sukses berkecimpung di dunia ayam kampung/broiler dapat di simpulkan bahwa ternyata pemberian jamu atau tanaman obat yang dicampurkan baik dalam ransum pakannya maupun air minum ayam dapat bermanfaat atau berkhasiat untuk:
 (1).  meningkatkan daya tahan tubuh ayam
 (2). meningkatkan pertumbuhan berat badan ayam
 (3). mengurangi tingkat kematian dan jumlah ayam yang sakit
 (4)  meningkatkan pendapatan peternak
 (5).mendapatkan ayam non kolesterol karena lemak yang dihasilkan berkurang
 (6). mendapatkan karkas ayam yang berbau dan warna yang segar dan
 (7).  mengurangi bau kotoran ayam (ammonia). Manfaat lain yang diperoleh adalah harga jamu tersebut lebih murah, menjaga stamina tubuh, menambah nafsu makan, mencegah serta mengobati beberapa penyakit seperti penyakit gangguan pernafasan (Snot dan CRD), koksidiosis, diare maupun feses hijau dan menghindarkan unggas dari serangan virus flu burung (Avian Influenza/AI).

 Dan kenyataannya Manfaat dari khasiat jamu untuk ternak sudah lama diteliti oleh beberapa peneliti. Salah satu  dilakukan oleh Ibu tatik, sebagai seorang peneliti dan juga sebagai peternak ayam di salah satu kampung di Jombang Jatim. Beliau meramu tanaman obat-obatan yang terdiri dari buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl), ekstrak rimpang temu lawak (Curcuma xanthorriza Roxb), ekstrak rimpang temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb), bubuk rimpang lempuyang wangi (Zingiber aromaticum, Val), madu lebah, gula tebu sebagai pengawet alamiah, dan air. Ramuan tersebut  diberikan pada ayam sebagai penangkal unggas terhadap penyebaran flu burung. Dalam uji cobanya, beliau memasukkan ayam mati yang terinveksi flu burung di sekitar kandangnya.  Dari hasil uji cobanya didapatkan ayam-ayam yang diberi jamu hasil ramuannya ternyata semua ayam perlakuannya itu lolos  alias tidak terinveksi flu burung. Hasil uji cobanya kemudian diselidiki lebih teliti lagi oleh Balai Veteriner Blitar, . Dan ternyata hasilnya positip. Ayam-ayam yang diberi jamu tersebut memberi respon positip terhadap pertumbuhan ayam,mempunyai stamina ayam yang lebih baik (jarang sakit dan mortalitas rendah), lemak karkas sangat rendah, aroma daging dan telur tidak amis, warna kuning telur lebih oranye/skor diatas 7, serta bau kotoran ayam (ammonia) di sekitar kandang jauh lebih berkurang.

Demikian juga dari hasil uji coba yang telah kami lakukan  Dari hasil uji cobaterhadap ayam-ayam yang diberi jamu hasil ramuannya didapatkan hasil sbb:

A . Perbedaan produktivitas ayam yang diberi jamu dan tanpa jamu dengan masa pemeliharaan  32 hari

AYAM YANG DI BERI JAMU
 
komponen:

1.  Jumlah ayam yang dipelihara : 100 ekor
2.  Mortalitas                           : 1% 
3. Ayam hidup                           : 99 Ekor
4.  Bobot rata-rata                   : 1,76 kg
5. Konsumsi pakan/ekor             : 2,53 kg
6. FCR                                     : 1,494
7. Indeks per formans               : 363,9
8.  Performans                          : Pertumbuhan bulu lebih mengkilat, Penampilan lebih lincah
keuntungan :   Rp. 288.050    

AYAM TANPA DI BERI JAMU 

Komponen: 

1.  Jumlah ayam yang dipelihara : 100 ekor
2.  Mortalitas                           : 3% 
3. Ayam hidup                           : 97 Ekor
4.  Bobot rata-rata                   : 1,62 kg
5. Konsumsi pakan/ekor             : 2,58 kg
6. FCR                                     : 1,587
7. Indeks per formans               : 316,5
8.  Performans                          : 0
keuntungan    : Rp. 99.825               


Lumayan kan ,so what you think about that,,,,!  selamat mencoba

By: Asgindo Farm With Aba Naufval Farm
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Aba Nauval

40 Komentar:

Unknown said...

berternak ayam kampung
kalau daun pepaya aja bisa ga?

Unknown said...

bisa...g' pa",,,selamat berternak ayam semoga sukses

obat bintik hitam flek wajah said...

ribet juga kaya buat manusia

Unknown said...

mantab gann,,

Unknown said...

luar biasa gan...tks

Lotus herba said...

Takaran herba 250gr rata semua kira2 berapa liter

Unknown said...

Makasih untuk info nya

master togel said...

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

ahmad beboy said...

Kalo di kasih kunyit aja gmn gan? Dan cara pengolahan lidah buaya nya gan gan?...

Egi John said...

cacing direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Kunyit, temuireng, temugiring, temulawak dan mengkudu diparut menjadi satu, dan daun pepaya ditumbuk sampai halus. Campurkan bahan-bahan tersebut dan tambah 4 liter air bersih. Remas-remaslah semua bahan tersebut dan saring. Terakhir tambah dengan 1 liter rebusan cacing dan aduk sampai rata. Selanjutnya campuran tersebut direbus sampai mendidih dan setelah dingin dapat digunakan sebagai jamu pada ayam pedaging. Jamu tersebut dapat diberikan dengan cara mencampur ke air minum. Dalam pelaksanaannya pemberian jamu dilakukan setelah ayam berumur 16 hari sampai panen. Pemberian dilakukan tiga hari berturut-turut selanjutnya diselang dengan air putih.

takaran pemberian air minum dengan campuran bahan tadi perbandingannya berapa liter air putih dengan berapa liter bahan ramuan tadi ??

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...

saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

Jinggaraya said...

#epoxysemarang #epoxyyogyakarta #epoxyjogja #epoxysolo #epoxysragen #epoxytegal #epoxypekalongan #epoxypurwokerto #epoxyjateng #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxybekasi #epoxytangerang #epoxyserang #epoxycilegon #epoxybanten #epoxyjabar #epoxysurabaya #epoxygresik #epoxypasuruan #epoxymalang #epoxypandaan #epoxyjatim #epoxybali #epoxylampung #epoxysumatra #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #jinggarayaepoxy

Kepada Yth
Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

Dengan Hormat
Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

PROTECTIVE Coating
1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
2. Percetakan - Surabaya
3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
4. Pabrik Plastik - Semarang
5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
6. Pabrik Furniture - Semarang
7. Pabrik Herbal - Salatiga
8. Perakitan sepeda motor - Semarang
9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
10. Pabrik Tekstile - Semarang
11. Pabrik mesin - Semarang
12. Pabrik Minuman instan - Semarang
13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
16. Pabrik Herbal – Lampung
17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
21. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
22. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
23. Dll
Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

Untuk informasi dan konsultasi gratis
Hubungi Kami
Hp 0821 3851 5538
WA 0813 9307 1048
Www.jinggaraya.com
Support@jinggaraya.com
Jinggaraya.coating@gmail.com

Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

Terima kasih
Salam

andini said...

makasih infonya

Unknown said...

Saya mau nanya untuk takaran atau ukuran em4 nya brp ya???
Karna disitu tidak dikasih tau
Mohon infonya segera terima kasih

Lady Mia said...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Unknown said...

Sangat bermanfaat, terimakasih..

Agen Bola Terpercaya said...



Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, peran agen Judi Online menyiapkan pulsa yaitu sebuah pemilikmodal judi yang mengutarakan pertunjukan poker online pada kala ini sudah sekali gampang degnan masuknya atraksi ini judi online sedimen melewati pulsa kemudahan bernilai berlagu disebuah pertunjukan poker online yang pintar kita jumpai saat ini emang buah berbunga makin meningkatnya jaman dan teknologi kala ini didalam tontonan gadaian online. Berlandaskan cukup membentangkan pulsa penaka dana sedimen pergelaran di zeus bola online, personel sudah menggabai aplusan yang lebar menggadang beserta memimpin permainan.

Berlaku meninggalkan pulsa didalam atraksi judi online pastinya memang tentu makin melonggarkan awak waktu anda mengerjakan tontonan jaminan online. Sehubungan adanya endapan lewat pulsa lalu pegawai akan bisa berlandaskan mudah bernilai berpura-pura beserta bekerja pemenang didalam setara pergelaran poker. Pertunjukan judi online deposit melalui pulsa pastinya bakal menggayuh separuh utilitas beraga yang becus berwujud pulsa cuma maupun berbentuk uang sah didalam sepadan pertunjukan judi online.

BACA JUGA:

http://134.209.98.69/situs-agen-poker-online-deposit-pulsa-terpercaya/
http://134.209.98.69/agen-judi-poker-online-deposit-pulsa-terpercaya/
http://134.209.98.69/situs-agen-bola-deposit-pulsa-telkomsel-xl-dan-axis/


Ayo daftar sekarang di ZeusBola

BolaZeus said...

BONUS 10% EVERY DAY

Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa pelayanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online buat anda di duta judi online yang bertaraf International, berlaku dan terpercaya hanya di zeus bola.

Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

Atau nonton basket disini :
nontonbasket.net

Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

Anonymous said...

POKERVITA
JUDI ONLINE TEXAS POKER

Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
Bayar Pakai GoPay

Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.


Whatsapp : 0812-222-2996

Doyan Main said...

sabung sv388 menghadirkan pertandingan Sabung ayam terpopuler dan terhebat.

Daftar Sekarang dan Dapatkan User ID untuk Menonton Sabung Ayam.. Gratiss
Daftar Sabung Ayam


Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA : 087785425244

DewaZeus said...

PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

Yang Merupakan Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man kepada beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
livechat zeusbola

bonus deposit sabung ayam

Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 download nova88 apk, main langsung maxbet nova88.

Doyan Main said...

Mau bermain slot online gratisan
Gabung segera bersama kami di Winning303

Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

Klik >>>>>>> Daftar Slot

Hubungi Segera:
WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online

Unknown said...

Mainkan Berbagai jenis judul slot seru yang sangat menguntungkan!

Dapatkan bonus 10% setiap harinya dengan Turn Over rendah hanya di BOLAVITA !!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
✔ INSTAGRAM : @bola.vita
✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

Unknown said...

WELCOME BACK ZEUSBOLA LOVERS

Memberikan Bonus new member sebesar 15% dan bonus deposit harian 10%
Dan Agen Judi Online Indonesia Zeusbola Proses deposit dan Withdraw 24 Jam

BERIKUT PERMAINAN YANG ADA DI ZEUSBOLA :
◘SPORTSBOOK
♠LIVE CASINO
◘IDN LIVE
♠SLOT GAMES
◘TEMBAK IKAN
♠JOKER123
◘SABUNG AYAM
♠TOGEL ONLINE

SUPER HOT PROMO ZEUSBOLA :
Bonus New Member 15%
Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
Bonus Rollingan Up To 0.6%
Bonus Harian 10%
Bonus Reward Setiap Naik Level

Layanan Website 24jam setiap hari.
Bonus paling besar dan mudah didapatkan

info lebih lanjut :
Whatsap : (+62) 822 7710 46

Seden said...

Van
izmir
Artvin
Tunceli
Eskişehir
RJY

Sabrina said...

görüntülü show
ücretlishow
ERS

SolarSerpentess1 said...

hakkari evden eve nakliyat
ankara evden eve nakliyat
muğla evden eve nakliyat
elazığ evden eve nakliyat
erzurum evden eve nakliyat
4PRWG2

LunarSorceress12AT said...

sivas evden eve nakliyat
erzurum evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
mardin evden eve nakliyat
rize evden eve nakliyat
PMİJRA

ElectricDreameress said...

uşak evden eve nakliyat
balıkesir evden eve nakliyat
tokat evden eve nakliyat
kayseri evden eve nakliyat
denizli evden eve nakliyat
BJE

3156CSaanviB8A50 said...

40B46
Manisa Lojistik
Bayburt Evden Eve Nakliyat
İzmir Parça Eşya Taşıma
Düzce Parça Eşya Taşıma
Afyon Parça Eşya Taşıma

0EE04Jayvion00FAD said...

300D0
Ankara Lojistik
Hatay Parça Eşya Taşıma
Gölbaşı Boya Ustası
Erzincan Şehir İçi Nakliyat
Muğla Şehir İçi Nakliyat
Antalya Lojistik
Bayburt Lojistik
Zonguldak Evden Eve Nakliyat
Ankara Asansör Tamiri

ED610Amanda236E3 said...

8E460
Muğla Şehir İçi Nakliyat
Çerkezköy Organizasyon
Muş Şehir İçi Nakliyat
Manisa Şehirler Arası Nakliyat
Mardin Şehirler Arası Nakliyat
Artvin Şehirler Arası Nakliyat
Kırıkkale Şehir İçi Nakliyat
Bybit Güvenilir mi
Artvin Şehir İçi Nakliyat

FE22DRylie49B11 said...

24AFE
Rize Parça Eşya Taşıma
Kırşehir Şehirler Arası Nakliyat
Silivri Çatı Ustası
Nevşehir Evden Eve Nakliyat
Sinop Parça Eşya Taşıma
Iğdır Parça Eşya Taşıma
Ardahan Şehirler Arası Nakliyat
Iğdır Şehirler Arası Nakliyat
Antep Lojistik

B6E41Chester545A6 said...

7E964
Karabük Şehir İçi Nakliyat
Antep Parça Eşya Taşıma
Silivri Parke Ustası
Kocaeli Şehirler Arası Nakliyat
Ankara Evden Eve Nakliyat
Kütahya Lojistik
Yalova Parça Eşya Taşıma
Ünye Yol Yardım
Karaman Şehirler Arası Nakliyat

5D932Malak9C3ED said...

C4584
Isparta Şehirler Arası Nakliyat
Çankırı Parça Eşya Taşıma
Artvin Şehir İçi Nakliyat
Sakarya Lojistik
Tunceli Lojistik
Ankara Şehir İçi Nakliyat
İstanbul Parça Eşya Taşıma
Balıkesir Evden Eve Nakliyat
Sinop Şehir İçi Nakliyat

3FE0FElise5D8D7 said...

FC783
Çerkezköy Cam Balkon
Hexa Coin Hangi Borsada
Area Coin Hangi Borsada
Sonm Coin Hangi Borsada
Tekirdağ Parça Eşya Taşıma
Tekirdağ Şehirler Arası Nakliyat
Aydın Şehir İçi Nakliyat
Muğla Şehirler Arası Nakliyat
Mamak Boya Ustası

2C80BElvin35293 said...

F39E8
Tekirdağ Cam Balkon
Etlik Fayans Ustası
Huobi Güvenilir mi
Erzincan Evden Eve Nakliyat
Batman Evden Eve Nakliyat
Amasya Lojistik
İstanbul Şehirler Arası Nakliyat
Çorum Parça Eşya Taşıma
Mersin Lojistik

4E199MatthewF6633 said...

6AA00
Antalya Şehirler Arası Nakliyat
Çankaya Fayans Ustası
Mamak Parke Ustası
Düzce Lojistik
Çankaya Boya Ustası
Tekirdağ Cam Balkon
Giresun Evden Eve Nakliyat
Ankara Fayans Ustası
Artvin Şehirler Arası Nakliyat

2E55EStephen949F7 said...

FEB6F
Ünye Oto Elektrik
Hotbit Güvenilir mi
Antalya Şehir İçi Nakliyat
Bingöl Lojistik
Sinop Şehirler Arası Nakliyat
Antep Lojistik
Nevşehir Şehirler Arası Nakliyat
Osmaniye Parça Eşya Taşıma
Samsun Lojistik

64E1DDamonF3125 said...

63978
Eskişehir Şehir İçi Nakliyat
Sivas Şehirler Arası Nakliyat
Elazığ Lojistik
Mardin Şehir İçi Nakliyat
Yozgat Şehir İçi Nakliyat
Erzincan Evden Eve Nakliyat
Bartın Evden Eve Nakliyat
Antalya Şehir İçi Nakliyat
Uşak Şehir İçi Nakliyat

Post a Comment

Recent comment

 
ASGINDO FARM | Boe-Doet 98 Template | Aba Nauval Template
Copyright © 2012. BERTERNAK AYAM KAMPUNG - All Rights Reserved
Template Modify by
Proudly powered by Blogger