Home » » PEMASARAN AYAM KAMPUNG PEDAGING

PEMASARAN AYAM KAMPUNG PEDAGING

www.abanuaval.blogspot.com
S ebelum memulai usaha, sebaiknya peternak mencari informasi besarnya serapan pasar ke daerah sekitar atau berbagai pasar penyerap. Calon peternak bisa melakukan survei sederhana ke pasar-pasar tradisional yang dekat dengan peternakan. Tanyakan kepada pedagang ayam kampung di pasar tradisional tentang jumlah kebutuhan ayam kampung per hari atau per bulan.

Tanyakan pula tren kebutuhan ayam kampung dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Apakah selama ini pasokannya sudah mencukupi atau masih kekurangan. Jika belum mencukupi, tanyakan jumlah pasokan yang dibutuhkan. Survei ini sebaiknya tidak hanya dilakukan di satu tempat, tetapi ke beberapa tempat atau pasar tradisional yang jaraknya tidak terlalu jauh dari peternakan agar dapat "memetakan" kebutuhan pasar.
Selanjutnya, satu bulan sebelum panen, peternak sebaiknya kembali melakukan survei pasar dan mulai menawarkan ayam pedagingnya. Sebagai gambaran, hingga saat ini umumnya penjual ayam kampung di pasar tradisional masih mencari ayam kampung untuk dijual dari satu kampung ke kampung lain.

Kebutuhan ayam kampung pedaging di pasar tradisional cukup besar, terutama menjelang hari raya. Sebagai gambaran, di salah satu pasar tradisional di daerah Bekasi, Jawa Barat, dalam sehari seorang pedagang bisa menjual 100 ekor. Jumlah ini cukup besar bagi ayam kampung pedaging. Angka ini belum termasuk permintaan dari pasar-pasar lain dan restoran-restoran penyedia menu ayam kampung.

Tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi peternak jika dapat menawarkan langsung kepada penjual ayam kampung di pasar tradisional dalam jumlah besar sekaligus (lebih baik lagi jika kontinu) daripada harus mencari dari satu kampung ke kampung lain. Pedagang ayam kampung di pasar tentu akan memilih cara seperti ini.

Menjual hasil panen ayam kampung. Bisa dilakukan langsung kepada panjual ayam kampung di pasar tradisional. Bagi peternak ayam kampung pedaging yang sudah 1-2 kali panen, biasanya pembeli atau pemborong akan datang sendiri ke peternakan sehingga memudahkan penjualan ayam hasil panen. Promosi dari mulut ke mulut biasanya cukup efektif pada peternakan ayam kampung pedaging. Saat ini, umumnya pemasaran sudah tidak sulit, bahkan pada kenyataannya banyak peternak ayam kampung pedaging di berbagai daerah yang belum bisa memenuhi permintaan pasar.

Pemasaran melalui distributor atau pengepul memang lebih efektif dan efisien,tetapi keuntungan yang didapat lebih sedikit. Sebaliknya, pemasaran langsung ke konsumen akan mendapatkan keuntungan yang lebih daripada menjual dahulu ke distributor. Namun, hal ini cukup membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar konsumen bisa langsung mendatangi ke lokasi peternakan. Karena itu, penting pula untuk melakukan strategi marketing agar pemasaran bisa sampai kepada konsumen.

Sarana promosi dan pemasaran berupa iklan bisa melalui media elektronik atau dunia maya. Iklan di dunia maya atau internet cukup ampuh karena semakin banyak yang mengakses media ini. Promosi tidak disengaja juga banyak terjadi pada pemasaran ayam kampung. Misalnya, saat mobil atau motor pengangkut ayam melintas di jalan raya atau keluar dari peternakan kemudian ada yang melihatnya, bisa menjadi promosi tersendiri. Pasalnya, hingga saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik pada ayam kampung pedaging.

Jika produksi sudah cukup besar dan stabil, peternak dapat melebarkan pangsa pasar produknya dengan menjadi pemasok ke restoran-restoran yang menyajikan menu dari daging ayam kampung. Bahkan, memasok ke pasar modern. Jika tertarik, tentu saja dapat membangun rumah makan milik sendiri yang salah satu menu andalannya adalah daging ayam kampung.

Bagi peternakan ayam kampung pedaging yang semakin berkembang, dapat pula membangun rumah potong ayam (RPA) sederhana dan menyediakan freezer sehingga dapat menjual karkas ayam kampung dalam kondisi beku. Perkembangan usaha seperti ini tentunya dapat meningkatkan hasil yang diperoleh peternak.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Aba Nauval

2 Komentar:

Danang milanisti mengatakan...

terima kasih infonya pak.....mampir ke blog ku yach...hehehehe,,,wwww.dyantailor.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Saya mohon informasi pembeli ayam kampung. Saya petenak di bekasi kapasitas 900 siap panen ukuran 0.7-1kg.hub saya 081585116522.

Poskan Komentar

Recent comment

 
ASGINDO FARM | Boe-Doet 98 Template | Aba Nauval Template
Copyright © 2012. BERTERNAK AYAM KAMPUNG - All Rights Reserved
Template Modify by
Proudly powered by Blogger